--> Skip to main content

Struktur Umum Tubuh Tumbuhan Tinggi Dan Bagian - Bagian Pokoknya

Struktur Umum Tubuh Tumbuhan Tinggi Dan Bagian - Bagian Pokoknya - Tubuh Tumbuhan tinggi tersusun atas berjuta sel dengan ukuran, bentuk dan struktur yang berbeda, selanjutnya sel ini dianggap sebagai unit penyusun tubuh terkecil. 

Sejumlah sel dengan fungsi yang sama akan menyusun jaringan, dan beberapa jaringan akan menyusun organ atau bagian tubuh tumbuhan. Secara umum tubuh tumbuhan tinggi terdiri atas " sumbu silindris" dengan tonjolan lateral yang sering kali mempunyai struktur serupa dengan sumbu pusat. 

Baca : 

Bagian - Bagian Pokok Tubuh Tumbuhan Tinggi
Sumbu Utama sebenarnya tersusun atas dua bagian yang berbeda sifat fisiologis dan struktur morfologisnya. Bagian sumbu diatas tanah biasanya disebut batang dan bagian tanah disebut akar.

Tiga macam tonjolan yang tumbuh pada sumbu utama yaitu: daun, jonjot dan bulu. Daun tumbuh pada permukaan sumbu utama dengan pola tertentu atau teratur, sedangkan jonjot dan bulu tidak mempunyai pola tertentu atau tidak teratur.

Struktur Umum Tubuh Tumbuhan Tinggi Dan Bagian - Bagian Pokoknya

a). Sumbu Utama
Apabila diamati dengan teliti, sumbu utama ini tersusun atas lingkaran pusat dan semacam lapisan pembungkus. Lebih lanjut dapat diketahui bahwa lingkaran pusat yang berfungsi sebagai sel penyalur zat makanan dan penguat yang terdiri atas jaringan pembuluh dan jaringan yang tersusun atas sel - sel penguat dan penyalur.

Dalam pembahasan selanjutnya lingkaran pusat ini disebut "Stele" atau silinder pusat. Sedangkan lapisan pembungkus yang berfungsi sebagai pelindung, penunjang dan penyimpan makanan disebut "kortek" dengan lapisan luar adalah epidermis.

b). Stele 
Secara umum stele tersusun atas dua macam jaringan pembuluh, yaitu : Xylem dan floem. Xylem berfungsi mengalirkan air dan zat makanan dari tanah ke bagian atas, dan floem berfungsi menyalurkan hasil fotosintesa dari daun ke seluruh tubuh tumbuhan Ke dua macam jaringan ini hampir selalu terdapat bersama, biasanya berdampingan secara radial dimana floem disebelah luar dari Xylem.

Bagian tengah setele merupakan jaringan yang longgar yang disebut empulur. Sedangkan bagian terluarnya yang merupakan sel bukan penyalur disebut lingkaran tepi. Bagian luar lingkaran tepi ini berbatasan dengan endodermis. 

Popular posts from this blog

Penyerbukan / Persarian dan macam- macamnya

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan merupakan suatu tahap dalam reproduksi tumbuhan untuk tujuan perkembangbiakan. Penyerbukan disebut juga persarian. Macam-macam penyerbukan : 1. Berdasarkan perantaranya Penyerbukan dengan perantara angin (anemogami) Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara angin adalah mahkota kecil dan tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki kelenjar madu, serbuk sari jumlahnya banyak, kering dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin, kepala sari besar, tangkai sari panjang dan bergoyang jika tertiup angin, kepala putik terjulur keluar. Contoh penyerbukan pada bunga kelapa, rumput. Penyerbukan dengan perantara hewan (zoidiogami) Hewan yang biasanya sebagai perantara penyerbukan yaitu serangga (kupu-kupu dan lebah), siput, burung, kelelawar. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara hewan adalah mahkota berwarna mencolok dan besar sehingga memiliki day

Resep Dan Cara Memasak Sate Kambing Bumbu Santan Khas Banjarmasin

Resep Dan Cara Memasak Sate Kambing Bumbu Santan Khas Banjarmasin - Resep Dan Cara Memasak Sate Kambing khas Banjarmasin - Berikut ini adalah bagaimana cara memasak dan resep yang digunakan untuk memasak sate kambing dengan bumbu santan. Masakan ini berasal dari Banjarmasin dengan santan sangrai. Berikut ini resep serta cara memasaknya. Baca  Resep Dan Cara Memasak Kambing Asam Padeh Aceh . Bahan :     500 gram daging kambing dan lemaknya, potong-potong     1 sdt garam     1 sdt bubuk lada putih bubuk     2 mata asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air     3 sdm minyak goreng untuk menumis     Tusuk sate     Kecap Manis untuk bumbu saat membakar     500 gram daging kambing dan lemaknya, potong-potong     1 sdt garam     1 sdt bubuk lada putih bubuk     2 mata asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air     3 sdm minyak goreng untuk menumis     Tusuk sate     Kecap Manis untuk bumbu saat membakar Bumbu Halus :      7 butir bawang merah     3 siung bawang putih     1 sdt

Makanan Khas Aceh Asam Pedas Ikan Baung Cara Memasak Dan Resep Menu

Makanan Khas Aceh Asam Pedas Ikan Baung Cara Memasak Dan Resep Menu - Bahan dan cara memasak Menu makanan Asam padeh Ikan Baung, Baham utama makanan ini adalah terbuat dari ban ikan baung. Makanan ini juga merupakan ciri khas daerah Aceh. Cara memasak Dan Resep Makanan berikut ini : Resep Dan Cara Memasak Menu Masakan Daging Asam Pedas Aceh Bahan :  700 gram Ikan Baung 1 lembar daun kunyit 1 lembar daun jeruk 1 lembar daun salam 1 batang serai, dikeprek Bumbu yang dihaluskan : 10 buah Cabe Merah 7 siung Bawang Merah 2 cm Lengkuas 2 cm Jahe 3 cm Kunyit 1 buah Tomat secukupnya Garam 3 sdm Minyak untuk menumis 1 liter  Air 3 buah Asam kandis  Resep Dan Cara Memasak Menu Gulai Ayam Ala Aceh Resep Dan Cara Memasak Menu Masakan Daging Asam Pedas Aceh Cara Memasak Asam Padeh Ikan baung : Haluskan cabe merah dengan cara menggiling terlebih dahulu. Setelah itu giling bahan lainya juga sampai halus. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak yang