--> Skip to main content

Alat Hara (Organum Nutritivum) Pertumbuhan Daun Dan Tumbuhan Meranggas

Alat Hara (Organum Nutritivum) Pertumbuhan Daun Dan Tumbuhan Meranggas - Alat Hara (Organum Nutritivum), Semua bagian tubuh tumbuhan yang secara langsung ataupun tidak langsung berfungsi menyangga kehidupan tumbuhan seperti berfungsi untuk penyerapan, pengangkutan, pengolahan dan penimbunan zat- zat makanan yang dinamakan alat Hara. Dari alat hara ini berturut - turut akan diuraikan organ - organ sebagai berikut :

Daun (Folium)
Pada umumnya tiap tumbuhan mempunyai sejumlah besar daun. Daun merupakan suatu bagian tumbuhan yang penting serta Alat daun ini terdapat pada batang saja dan tidak terdapat pada bagian lain, pada tumbuhan.

Nodus batang merupakan bagian batang merupakan tempat duduknya atau melekatnya daun atau disebut dengan buku- buku. Sedangkan ketiak daun atau axilla tempat diatas daun yang merupakan sudut antara batang dan daun dinamakan .

Daun yang bentuknya tipis melebar, kaya akan suatu zat warna hijau yang dinamakan klorofil. Tumbuhan atau daerah yang ditempati tumbuh- tumbuhan nampak hijau pula yang disebabkan daun yang berwarna hijau.



Bagian tubuh tumbuhan ini akan runtuh dan meninggalkan bekas pada batang karena mempunyai umur yang terbatas. Pada waktu akan runtuh warna daun berubah kekuning - kuningan dan akhirnya menjadi pirang. Jadi daun mempunyai warna yang berbeda dengan daun yang masih segar dan yang telah tua kemudian mati dan runtuh dari batang.

Bila kita membandingkan warna antara daun yang masih muda dan yang sudah tua terdapat Perbedaan warna antara daun yang muda berwarna hijau muda keputih - putihan, Kadang- kadang juga ungu atau kemerah - merahan. Sedangkan yang sudah dewasa biasanya berwarna hijau sungguh.

Daun baru yang terbentuk melebihi jumlah daun yang gugur   karena daun yang runtuh selalu diganti dengan yang baru, sehingga suatu batang pohon nampak makin lama makin rindang karena pada tumbuhan yang semakin besar kita dapati jumlah daun yang semakin besar pula.

Tetapi ada pula tumbuhan yang pada waktu - waktu tertentu menggugurkan semua daunnya, sehingga tumbuhan yang dalam keadaan demikian tadi nampak gundul sama sekali seperti tumbuhan yang mati.

Peristiwa ini dapat kita lihat dalam musim kemarau pada jenis tumbuhan tertentu, yang menjelang datangnya musim hujan membentuk tunas baru dan dalam musim hujan akan kelihatan hijau kembali.

Jenis tumbuhan yang mempunyai sifat demikian itu disebut tumbuhan meranggas yang banyak pula dijumpai di Indonesia, misalnya Kedondong (spondias dulcis Forst), Pohon jati (Tectona Grandis), pohon para (Hevea brasiliensis Muell), Kapuk randu (Ceiba Pentra Gaertn) dan masih banyak lagi. 

Popular posts from this blog

Penyerbukan / Persarian dan macam- macamnya

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan merupakan suatu tahap dalam reproduksi tumbuhan untuk tujuan perkembangbiakan. Penyerbukan disebut juga persarian. Macam-macam penyerbukan : 1. Berdasarkan perantaranya Penyerbukan dengan perantara angin (anemogami) Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara angin adalah mahkota kecil dan tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki kelenjar madu, serbuk sari jumlahnya banyak, kering dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin, kepala sari besar, tangkai sari panjang dan bergoyang jika tertiup angin, kepala putik terjulur keluar. Contoh penyerbukan pada bunga kelapa, rumput. Penyerbukan dengan perantara hewan (zoidiogami) Hewan yang biasanya sebagai perantara penyerbukan yaitu serangga (kupu-kupu dan lebah), siput, burung, kelelawar. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara hewan adalah mahkota berwarna mencolok dan besar sehingga memiliki day

Resep Dan Cara Memasak Sate Kambing Bumbu Santan Khas Banjarmasin

Resep Dan Cara Memasak Sate Kambing Bumbu Santan Khas Banjarmasin - Resep Dan Cara Memasak Sate Kambing khas Banjarmasin - Berikut ini adalah bagaimana cara memasak dan resep yang digunakan untuk memasak sate kambing dengan bumbu santan. Masakan ini berasal dari Banjarmasin dengan santan sangrai. Berikut ini resep serta cara memasaknya. Baca  Resep Dan Cara Memasak Kambing Asam Padeh Aceh . Bahan :     500 gram daging kambing dan lemaknya, potong-potong     1 sdt garam     1 sdt bubuk lada putih bubuk     2 mata asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air     3 sdm minyak goreng untuk menumis     Tusuk sate     Kecap Manis untuk bumbu saat membakar     500 gram daging kambing dan lemaknya, potong-potong     1 sdt garam     1 sdt bubuk lada putih bubuk     2 mata asam jawa, larutkan dengan 2 sdm air     3 sdm minyak goreng untuk menumis     Tusuk sate     Kecap Manis untuk bumbu saat membakar Bumbu Halus :      7 butir bawang merah     3 siung bawang putih     1 sdt

Makanan Khas Aceh Asam Pedas Ikan Baung Cara Memasak Dan Resep Menu

Makanan Khas Aceh Asam Pedas Ikan Baung Cara Memasak Dan Resep Menu - Bahan dan cara memasak Menu makanan Asam padeh Ikan Baung, Baham utama makanan ini adalah terbuat dari ban ikan baung. Makanan ini juga merupakan ciri khas daerah Aceh. Cara memasak Dan Resep Makanan berikut ini : Resep Dan Cara Memasak Menu Masakan Daging Asam Pedas Aceh Bahan :  700 gram Ikan Baung 1 lembar daun kunyit 1 lembar daun jeruk 1 lembar daun salam 1 batang serai, dikeprek Bumbu yang dihaluskan : 10 buah Cabe Merah 7 siung Bawang Merah 2 cm Lengkuas 2 cm Jahe 3 cm Kunyit 1 buah Tomat secukupnya Garam 3 sdm Minyak untuk menumis 1 liter  Air 3 buah Asam kandis  Resep Dan Cara Memasak Menu Gulai Ayam Ala Aceh Resep Dan Cara Memasak Menu Masakan Daging Asam Pedas Aceh Cara Memasak Asam Padeh Ikan baung : Haluskan cabe merah dengan cara menggiling terlebih dahulu. Setelah itu giling bahan lainya juga sampai halus. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan dengan minyak yang