--> Skip to main content

Penyerbukan / Persarian dan macam- macamnya

Penyerbukan adalah peristiwa menempelnya serbuk sari pada kepala putik. Penyerbukan merupakan suatu tahap dalam reproduksi tumbuhan untuk tujuan perkembangbiakan. Penyerbukan disebut juga persarian.

Penyerbukan dan dan macam- macamnya

Macam-macam penyerbukan :


1. Berdasarkan perantaranya

  • Penyerbukan dengan perantara angin (anemogami)

Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara angin adalah mahkota kecil dan tidak berwarna, tidak berbau dan tidak memiliki kelenjar madu, serbuk sari jumlahnya banyak, kering dan ringan sehingga mudah diterbangkan angin, kepala sari besar, tangkai sari panjang dan bergoyang jika tertiup angin, kepala putik terjulur keluar. Contoh penyerbukan pada bunga kelapa, rumput.

  • Penyerbukan dengan perantara hewan (zoidiogami)

Hewan yang biasanya sebagai perantara penyerbukan yaitu serangga (kupu-kupu dan lebah), siput, burung, kelelawar. Ciri-ciri bunga yang penyerbukannya dengan perantara hewan adalah mahkota berwarna mencolok dan besar sehingga memiliki daya tarik, berbau khas, mempunyai kelenjar madu, serbuk sari berlendir sehingga dapat melekat di tubuh hewan, kepala putik agak tersembunyi.. Prosesnya misalnya kupu-kupu menghisap madu dan serbuk sari akan menempel ditubuhnya, kemudian ketika kupu-kupu tersebut hinggap di bunga lain serbuk sari akan terjatuh/ menempel pada bunga tersebut dan penyerbukan pun terjadi.

  • Penyerbukan dengan perantara manusia

Penyerbukan ini terjadi dengan bantuan manusia, misalnya pada bunga salak dan vanili. Bunga salak dan vanili memiliki jenis kelamin tunggal, sehingga ada bunga jantan dan bunga betina. Prosesnya bunga jantan yang penuh serbuk sari dipetik kemudian ditempelkan pada bunga betina yang sudah masak.
  • Penyerbukan dengan perantara air (hidrogami)

Penyerbukan ini terjadi pada bunga yang terendam di air, misalnya Hydrilla.

2. Berdasarkan asal serbuk sari


  • Penyerbukan sendiri (autogami)

Penyerbukan sendiri adalah peristiwa menempelnya serbuk sari suatu bunga pada kepala putik pada bunga itu sendiri/ bunga yang sama. Contoh penyerbukan pada bunga turi.

  • Penyerbukan tetangga (geitonogami)

Penyerbukan tetangga adalah peristiwa menempelnya serbuk sari suatu bunga pada kepala putik bunga lain tapi masih berada dalam satu pohon. Contoh penyerbukan pada bunga jagung.

  • Penyerbukan silang (alogami)

Penyerbukan silang adalah peristiwa menempelnya serbuk sari suatu bunga pada kepala putik bunga lain yang berbeda pohon tapi masih satu jenis. Penyerbukan silang disebut juga dengan persilangan. Persilangan dapat menghasilkan variasi keturunan karena terjadi perpaduan sifat dari dua tumbuhan induk. Contoh persilangan antara bunga merah dan bunga putih akan menghasilkan bunga merah, bunga merah muda, bunga putih.

Comments

Popular posts from this blog

Kue Kembang Loyang Makanan Khas Daerah Aceh

Kue Kembang Loyang Makanan Khas Daerah Aceh - Kembang Loyang adalah makanan yang berupa kue yang berasal dari Banda Aceh. Makanan ini juga termasuk makanan ringan dengan kerenyahanya yang khas. Cara membuat makanan kue kembang loyang ini tidak begitu sulit. Berikut ini bahan yang digunakan untuk membuat kue kembang loyang makanan khas Aceh. Makanan Khas Pisang Sale Banda Aceh Bahan Kue Kembang Loyang  200 gram tepung beras, 65 gram gula pasir halus, 2 butir telur, 1/2 sendok teh garam, 250 ml santan (dari parutan 1/2 butir kelapa), 2 sendok makan wijen, Minyak goreng secukupnya. Kopi Sanger Aceh & Cara Unik Pembuatanya Manisan Pala & Cara Memasak Kuliner Khas Aceh Cara membuat Kue Kembang Loyang : Campur tepung dengan gula psir, garam dan wijen kemudian aduk hingga merata. Kemudian tuangkan telur serta santan sedikit, sehingga adonan menjadi bercampur rata. Memanaskan cetakan kembang loyang ke dalam minyak sudah dipanaskan. Kemudian cetakan kue

Media tanam : Modifikasi media tanam organik dan anorganik / tanaman sayuran

Pada tanaman sayuran biasanya ditanam pada tanah dengan ukuran area tanah yang cukup luas, akan tetapi juga memiliki kendala dalam pelaksanaan budidaya pada tanaman, sehingga dari pihak manusia banyak melakukan berbagai upaya seiring perkembangan teknologi agar bisa tetap melakukan budidaya tanaman melalui berbagai media pada tanaman yang terbatas. Upaya yang dilakukan untuk usaha upaya peningkatan media tanam adalah memodifikasi dari wadah tanaman dan media tanam. Modifikasi yang dilakukan media tanam seperti mengubah sebagian atau seluruhnya, memadukan serta mencampur media tanam dengan komposisi tertentu. Upaya seperti hidroponik dan memodifikasi suatu wadah tanam salah satunya merupakan vertikultur sebagai teknik yang digunakan pada saat melakukan upaya dalam memodifikasi jenis dari media tanam dengan hasil seperti contoh tanaman yang tumbuh dengan melalui media tanam selain tanah, dan itulah pentingnya dari media tanam. Apabila kita amati pada umumnya media tanam me